Jumat, 29 Januari 2010

KOTA GYEOUNGJU


Gyeongju adalah sebuah kota dan tujuan pariwisata yang menonjol di sebelah timur Korea Selatan. terletak di sudut tenggara Provinsi Gyeongsang Utara, di pesisir Laut Jepang (Laut Timur). Kota-kota tetangganya termasuk Ulsan dan Pohang, dua pusat perindustrian yang besar. Sejumlah pegunungan yang rendah di kawasan luar Barisan Pegunungan Taebaek terhampar di sejumlah tempat di kota ini.

Gyeongju adalah ibu kota kerajaan kuno Silla, suatu hal yang menyebabkan kota ini memiliki posisi yang menonjol. Kerajaan Silla muncul pada akhir milenium ke-1, dan menguasai hampir seluruh Semenanjung Korea dari abad ke-7 hingga 9. Sejumlah besar situs dari periode ini hingga kini masih dapat kita temukan di Gyeongju. Setelah kerajaan Silla runtuh, kota inipun turut menurun kepentingannya.

Gyeongju kini adalah kota berukuran menengah yang umum. Meski tren ekonomi, kependudukan, dan sosial yang telah membentuk Korea Selatan modern juga terlihat pengaruhnya di kota ini, Gyeongju masih mampu mempertahankan jatidirinya tersendiri. Dalam bidang pariwisata, kota ini adalah salah satu tujuan pariwisata yang paling terkenal sedang dalam bidang perindustrian, kedekatan dengan pusat perindustrian seperti Ulsan pun turut menguntungkannya. Gyeongju terhubung dengan jaringan kereta api dan jalan bebas hambatan nasional yang memfasilitasi lalu lintas perindustrian dan pariwisata.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar